Mon. Oct 25th, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Ini Nominasi Pelatih Terbaik FIFA 2019

2 min read

ZURICH – Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) telah merilis 10 nama juru taktik yang masuk dalam daftar nominasi Pelatih Terbaik FIFA 2019. Para pelatih yang masuk dalam daftar itu memiliki trek rekor bagus karena mampu membawa tim asuhannya tampil apik. Uniknya tiga dari 10 nama dalam daftar itu berasal dari Liga Inggris.

Jurgen Klopp masuk dalam daftar itu setelah membawa Liverpool menjadi tim terbaik di Eropa dengan menjuarai Liga Champions musim lalu. Klopp juga hampir membawa Liverpool jadi jawara Liga Inggris tetapi gagal karena ada Manchester City.

Sosok kedua yang masuk dalam daftar itu adalah juru taktik Man City, Josep Guardiola. Pelatih berpaspor Spanyol itu membawa tim asuhannya untuk mendominasi kompetisi domestik Inggris dengan menyapu bersih semua trofi. Pencapaian itu amatlah luar biasa karena Man City adalah tim sepakbola pria pertama yang mampu melakukannya di kompetisi domestik Inggris.

Jurgen Klopp merayakan keberhasilan Liverpool jadi juara Liga Champions 2018-2019 (Foto: UEFA)

Juru taktik dari Liga Inggris terakhir yang masuk ke daftar itu adalah Pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino. Pochettino memang gagal membawa Tottenham meraih satu pun gelar juara  tetapi tangan dinginnya membuat The Lilywhites –julukan Tottenham– tampil apik hingga mampu sampai ke final Liga Champions.

 

Di bawah Pochettino ada juru taktik Ajax Amsterdam, Erik Ten Hag, yang membawa Hakim Ziyech dan kawan-kawan menggila di kompetisi domestik Belanda. Ajax meraih double winners dengan mengawinkan Liga Belanda dan Piala Belanda musim lalu.

Nama selanjutnya yang menghiasi daftar itu adalah juru taktik Tim Nasional (Timnas) Aljazair, Djamel Belmadi. Belmadi membantu Riyad Mahrez dan kawan-kawan menjuara Piala Afrika 2019 usai menaklukkan Senegal di partai puncak.

Di bawah Belmadi ada dua nama juru taktik yang menukangi Timnas dari negara-negara Eropa. Ada Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps, yang menorehkan prestasi dengan membawa pulang trofi Piala Dunia 2018 ke Paris.