Sun. Dec 4th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

3 Objek Wisata yang Wajib Dikunjungi saat Liburan ke Maluku Utara

2 min read

Indonesia memiliki pemandangan alam yang indah dan eksotis yang tersebar di seluruh wilayahnya, tak terkecuali Maluku Utara.

Bukan hanya memiliki pemandangan alam yang indah dan menawan, Maluku Utara juga terdapat banyak situs-situs sejarah dan budaya yang unik sehingga mampu menarik perhatian wisatawan lokal maupun asing untuk banyak mengunjungi kota ini.

Oleh karena itu, berikut adalah tiga rekomendasi objek wisata yang wajib kamu kunjungi ketika liburan di Maluku Utara.

1. Gunung Gamalama, Ternate

Gunung Gamalama merupakan gunung berapi yang terletak di pesisir barat Pulau Halmahera, tepatnya di Kepulauan Ternate. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 1.715 mdpl ini telah dianggap sebagai ikon dari Provinsi Maluku Utara.

Dengan memiliki hutan yang cukup lebat dan asri, gunung ini sangat indah jika dinikmati pemandangannya. Bukan hanya hutan saja, di gunung ini terdapat dua danau yang bernama Danau Tolire Jaha dan Tolire Kecil.

Sejak letusan pertama pada tahun 1538, Gunung Gamalama sudah meletus sebanyak 60 kali. Letusan itu terbilang sangat dahsyat. Karena letusan itulah sebuah budaya bernama Kololi Kie tercipta.

Kololi Kie merupakan ritual agar Gunung Gamalama tidak meletus lagi, dengan cara mendatangi tempat dan makam keramat untuk berdoa bersama.

2. Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha merupakan salah satu wisata paling favorit yang dikunjungi wisatawan ketika berlibur ke Maluku Utara.

Pantai yang terletak di Desa Sulamadaha, Kota Ternate, ini memiliki ciri khas selain pantainya yang berbentuk seperti huruf u, tempat ini juga dilengkapi dengan pasir hitam dan air lautnya yang begitu jernih..

Wisatawan juga dapat melakukan aktivitas snorkeling untuk menikmati keindahan karang dan biota-biota laut atau untuk kamu yang suka memicu adrenalin, bisa menaiki wahana banana boat.

Untuk menuju ke Pantai Sulamadaha, kamu dapat berangkat langsung dari Bandara Ternate dengan menempuh jarak sekitar 6 km. Sedangkan untuk kamu yang memilih berangkat dari pusat Kota Ternate, perjalanan ke pantai ini hanya membutuhkan waktu 30 menit.

3. Benteng Tolukko

Benteng Tolukko, Ternate. Foto: Fakhri Anindita/Shutterstock.

Benteng Tolukko merupakan benteng peninggalan dari bangsa Portugis yang dibangun pada tahun 1540. Awalnya benteng ini dibangun sebagai pusat pertahanan dan penyimpanan bangsa Portugis di Maluku Utara.

Kemudian pada tahun 1610, tempat ini direbut Belanda dan dijadikan salah satu kantor cabang VOC. Pada tahun 1864, Belanda meninggalkan benteng ini dikarenakan bangunannya yang sudah rusak. Akhirnya pada tahun 1997, pemerintah Indonesia memugar bangunan benteng untuk dijadikan objek wisata.

Benteng Tolukko dibangun dengan pondasi batuan beku, batuan karang, dan batuan bata dengan mengikuti kontur bukit batuan sehingga bentuknya tidak simetris.

Uniknya, terdapat tiga buah bastion, dua di bagian depan dan satu di bagian belakang. Bastion adalah sudut atau penjuru benteng yang menjorok keluar sehingga membentuk huruf V.

Di bagian depan benteng, terdapat taman yang telah tertata dengan rapi, cantik, dan bersih sehingga taman ini sering dijadikan tempat berfoto-foto oleh wisatawan.

Benteng Tolukko juga menawarkan pemandangan alam yang begitu eksotis. Jika kamu pergi ke atas atau ke bagian belakang benteng, kamu dapat menikmati pemandangan laut yang cantik dan Gunung Gamalama yang menjulang tinggi.

Baca juga !