Sun. Jan 29th, 2023

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Cuaca Hari Ini BMKG, Peringatan Dini untuk Aceh dan Sumatera Utara

1 min read

TEMPO.COJakarta – Jika kemarin hanya Aceh, pada hari ini, Sabtu 5 November 2022, BMKG menambahkan peringatan dini bencana hidrometeorologi untuk Sumatera Utara. Keduanya diharapkan mengantisipasi dampak cuaca hari ini yang mungkin menyebabkan banjir, banjir bandang, tanah longsor, puting beliung, dan lainnya di wilayahnya.

Untuk ibu kota provinsi, Banda Aceh juga termasuk yang kemungkinan mengalami hujan dan petir pada hari ini bersama Jambi, Surabaya dan Ambon. Adapun Medan termasuk yang diperkirakan turun hujan lebat. Bersamanya adalah Pekanbaru, Gorontalo dan Mamuju.

Hujan skala sedang diperkirakan terjadi di Yogyakarta, Bandung, Semarang, Pontianak, Banjarmasin, Tarakan, Padang dan Palembang. Suhu udara berkisar antara 18-33 derajat Celsius dengan suhu terendah di Bandung. Suhu tertinggi di Denpasar, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Makassar dan Medan.

 

Siklon Tropis 93S

BMKG menyatakan masih memantau pergerakan bibit Siklon Tropis 93S di Samudera Hindia barat Bengkulu. Terkini, sistem itu memiliki kecepatan angin maksimum 30 knot dan tekanan udara minimum 1003 hPa yang bergerak ke arah barat daya hingga barat.

Secara keseluruhan sirkulasi siklonik terpantau di wilayah Selat Malaka, di Kalimantan Tengah, dan juga di Samudera Pasifik utara Papua. Mereka membentuk daerah konvergensi memanjang dari perairan Kepulauan Bangka Belitung hingga Laut Natuna, dari Laut Natuna Utara hingga Thailand bagian selatan, dari Selat Makassar hingga Kalimantan Selatan, di Kalimantan Timur, dan di Samudera Pasifik utara Papua.

BMKG memaparkan, potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut meningkat.

Baca juga !