Mon. Dec 5th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Di Surabaya Wajib Jajan Mie Kluntung hingga Sego Tongkol

3 min read

Jakarta –

Bukan hanya di Jakarta dan sekitarnya, kuliner hidden gems juga ada di Surabaya. Makanannya tak kalah menggoda, ada mie kluntung hingga sego tongkol.

Warga Surabaya patut merasa senang karena ada banyak kuliner enak yang bisa memanjakan lidah. Tapi butuh usaha ekstra untuk menemui beberapa tempat makan ini karena lokasinya agak tersembunyi.

Berbagai makanan bisa dinikmati dengan harga terjangkau. Soal kualitas rasa, tak perlu diragukan lagi karena kuliner lokal dan legendaris pasti diracik dengan bahan segar dan premium. Jadi tak heran kalau sensasi rasanya ngangeni.

Beberapa tempat makan ini bahkan hanya bisa ditemui di Surabaya. Jadi buat kamu warga Surabaya, jangan sampai melewatkan aneka makanan hidden gems yang enak menggoda. Buat yang bukan warga Surabaya, pastikan untuk mampir ke tempat makan ini saat berkunjung ke Surabaya.

Berikut 5 kuliner hidden gems yang bisa dicoba saat di Surabaya.

1. Mie Kluntung Pak Yanto

Di Surabaya Wajib Jajan Mie Kluntung hingga Sego TongkolDi Surabaya Wajib Jajan Mie Kluntung hingga Sego Tongkol Foto : instagram @kuliner_maknyus_sby

Di kawasan Jalan Kapasan, ada makanan yang tak boleh dilewatkan yakni mie kluntung. Mie kluntung tak lain adalah mie godog jawa yang rasanya gurih mantap. Mie kluntung racikan Pak Yanto jadi kuliner wajib dicoba.

Dengan gerobak sederhananya, Pak Yanto setiap hari mangkal mulai pukul 18.00-22.00 WIB. Menu andalan di sini adalah mie godog Jawa tapi kamu juga bisa memesan nasi goreng Jawa, mie goreng Jawa hingga bihun goreng. Setiap hari, menu mie godog Jawa yang paling laris manis.

Semua menu di sini diolah secara tradisional dengan anglo dan arang kayu. Jadi meskipun proses masaknya agak lama tetapi rasanya dijamin autentik. Gurih sedap sajian mie Jawa di sini dijamin mlekoh dan maknyus.

2. Nasi ayam Pak Sahir

Masih di kawasan Jalan Kapasan, Surabaya, ada kedai sederhana yang menawarkan sego ayam alias nasi ayam. Kedai milik Pak Sahir ini menjual berbagai menu makanan tapi yang paling laris yakni menu nasi ayam krengsengan.

Seporsi nasi ayam ini berisi nasi putih, ayam berbumbu gurih serta telur dadar. Disajikan hangat dengan rasa bumbu yang medok. Selain nasi ayam krengsengan, ada juga menu lainnya seperti nasi goreng, nasi ayam sayur, mie goreng krengsengan hingga bihun krengsengan.

3. Sego Tongkol

 

Di Surabaya Wajib Jajan Mie Kluntung hingga Sego TongkolDi Surabaya Wajib Jajan Mie Kluntung hingga Sego Tongkol Foto: instagram Surabaya Foodies

Sego tongkol racikan bu Karmini ini bisa disebut sebagai hidden gems sekaligus kuliner legendaris. Sego tongkol atau nasi tongkol ini sudah tersaji sejak tahun 1984 dan hingga kini masih eksis jadi buruan para pencinta kuliner

Berlokasi di Jalan Pertukangan, sego tongkol di sini dibanderol harga Rp 12 ribuan saja. Nasi hangat dengan ikan tongkol sambal pedas siap membuat lidah bergoyang. Ada juga lauk lainnya seperti cumi asin, tempe goreng dan telur mata sapi. Makin komplet dengan tambahan rempeyek yang garing kriuk.

4. Nasi Campur

 

Di Surabaya Wajib Jajan Mie Kluntung hingga Sego TongkolDi Surabaya Wajib Jajan Mie Kluntung hingga Sego Tongkol Foto : instagram @foo.ga

Buat kamu yang mencari sajian nasi, coba datang ke Warung Kongde. Lokasinya ada di Jalan Bubutan Gang 2, Surabaya. Sesuai dengan namanya, warung nasi ini menghadirkan menu nasi dengan campuran aneka lauk.

Buat penggemar makanan pedas gurih ala Surabayaan, dijamin lidah pasti cocok dengan cita rasanya. Seporsi nasi hangat disajikan dengan lauk yang bisa dipilih sesuai selera. Pilihan lauknya juga banyak mulai dari olahan cumi, udang, babat dan pastinya sambal super pedas. Warung ini bisa disambangi mulai pukul 07.00-15.00 WIB jadi bisa memuaskan selera saat sarapan atau makan siang.

5. Sego sambel

 

Tak kalah dengan Jogja, kuliner malam di Surabaya juga tak ada habisnya. Kamu bisa mencoba sego sambel alias nasi sambel yang pedasnya bikin melek. Sego sambel bisa dicoba di warung Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye.

Warung sederhana ini tak pernah sepi pembeli, jadi kalau datang di jam makan harus siap-siap antre. Menu andalannya yakni seporsi nasi yang disajikan bersama lauk ikan pari sambal merah. Daging ikan pari yang empuk tebal berpadu dengan pedasnya sambal.

Baca juga !