Sat. Dec 3rd, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Diciptakan Jepang Usai PD II, Mie Instan Kini Digandrungi Orang di Dunia

3 min read

Jakarta –

Mie instan sangat populer di seluruh dunia. Namun tahukah kamu bahwa mie instan diciptakan pertama kali di Jepang? ini sejarahnya.

Mengonsumsi mie instan sudah menjadi gaya hidup. Proses pembuatan yang praktis dan cepat membuat mie instan selalu menjadi pilihan semua orang. Apalagi rasanya yang gurih dan bikin ketagihan.

Dilansir dari World Instant Noodles Association, mie instan muncul pertama kali di tepat pada tahun 1958. Tepat sekitar 10 tahun setelah Jepang mengalami kekalahan dalam Perang Dunia II.

 

 

Diciptakan Jepang Usai PD II, Mie Instan Kini Digandrungi Orang di DuniaDiciptakan Jepang Usai PD II, Mie Instan Kini Digandrungi Orang di Dunia Foto: iStock

 

 

Saat itu, masyarakat Jepang yang selamat dari Perang Dunia II menjadi kelaparan. Nah, untuk menyelamatkan mereka semua, seseorang asal Jepang bernama Momofuku Ando menciptakan mie instan.

Mengutip dari Gizmodo, Momofuku Ando mendirikan pabrik mie instan yang bernama Nissin. Ide itu tercetus saat Ando melihat banyak orang yang mengantre hanya untuk membeli semangkuk ramen.

Dari itu ia kemudian menciptakan mie ramen yang lebih praktis, sehingga orang tak perlu lama-lama mengantre. Lalu terciptalah mie instan pertama dengan merek ‘Chikin Ramen’.

 

Diciptakan Jepang Usai PD II, Mie Instan Kini Digandrungi Orang di DuniaDiciptakan Jepang Usai PD II, Mie Instan Kini Digandrungi Orang di Dunia Foto: iStock

 

Uniknya lagi, mie instan tersebut tercipta tanpa sengaja. Saat itu, Ando berulang kali mengalami kegagalan saat mencoba untuk mengawetkan mie. Lalu, ia mencelupkan adonan mie ke dalam minyak tempura yang sudah dipanaskan oleh istrinya untuk malam.

Dan saat itu juga ia baru mengetahui bahwa menggoreng mie tidak hanya bisa menghilangkan kadar air di dalamnya, tetapi juga menciptakan lubang-lubang kecil yang dapat membuat mie lebih cepat matang.

Setelah dipasarkan, merek mie instan tersebut langsung melejit. Bahkan masyarakat Jepang menjadikan mie instan sebagai makanan pokok sehari-hari. Pada 1971,Ando menciptakan mie instan kemasan cup yang lebih praktis dengan merek ‘Cup Noodles’.

Sejak saat itulah mie insan kreasi Ando semakin mendunia. Bahkan menginspirasi industri-industri di berbagai negara lainnya untuk menciptakan mie instan. Seperti Indonesia yang terkenal dengan merek Indomie, Sarimi, Supermi, Mie ABC, Mie Sedaap dan lainnya.

Begitu pula di Korea yang populer dengan merek mie instan Samyang, Ottogi, Budae Jjigae, Nongshim dan masih banyak lagi. Secara keseluruhan antara mie instan Jepang, Korea dan Indonesia memiliki kemiripan soal bentuk, kemasan dan komposisinya.

Namun, setiap negara punya cara tersendiri tentang bagaimana meracik mie instan. Seperti di Korea misalnya. YouTuber bernama Han Yoo Ra pernah mengungkapkan bahwa cara meracik ramyun berbeda dengan mie instan di Indonesia.

Diciptakan Jepang Usai PD II, Mie Instan Kini Digandrungi Orang di DuniaDiciptakan Jepang Usai PD II, Mie Instan Kini Digandrungi Orang di Dunia Foto: detikcom/Riska Fitria

Perbedaan ada mulai dari langkah-langkah yang harus dilakukan, peralatan yang dibutuhkan, dan isian yang digunakan sebagai pelengkap dan topping. Dari perbedaan itulah yang menjadikan ciri khas dan keunikan tersendiri.

Apalagi kini setiap orang punya racikan mie instan tersendiri. Misalnya mencampur kuah mie instan dengan susu. Seperti personil boyband BTS dan GOT7 yang membagikan tips meracik mie instan favorit mereka ke media sosial.

Selain itu mereka juga memiliki merek mie instan yang menjadi favoritnya. Hal tersebut membuat para penggemarnya dari seluruh dunia berlomba-lomba untuk mendapatkan merek mie instan yang sama dengan idolanya.

Diciptakan Jepang Usai PD II, Mie Instan Kini Digandrungi Orang di DuniaDiciptakan Jepang Usai PD II, Mie Instan Kini Digandrungi Orang di Dunia Foto: detikcom/Riska Fitria

Oleh karena itu di Indonesia ada gerai yang khusus menawarkan mie instan dari berbagai merek di berbagai negara. Mulai dari Korea, Jepang, Singapura dan lainnya. Gerai khusus mie instan itu dapat ditemui di KKV, Mall Central Park dan di Rumah Mie Instan di Solo, Jawa Tengah.

Nah, di ulasan detikFood kali ini, kami akan membahas serba-serbi mie instan khususnya dari merek Korea dan Jepang. Tak hanya itu, kamu juga memberikan tips meracik mie instan ala personil boyband BTS dan GOT7 yang viral.

Rekomendasi tempat membeli mie instan Korea dan Jepang juga akan kami berikan. Jadi, pantau terus detikFood supaya gak ketinggalan.

Baca juga !