Sat. Oct 1st, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Dinobatkan Jadi Minuman Terpopuler, Ini Kesegaran Dawet Ayu Banjarnegara

3 min read

Banjarnegara –

Anugerah Pesona Indonesia menobatkan dawet ayu sebagai minuman terpopuler di Indonesia pada Kamis (20/5/2021). Ini kesegaran es dawet ayu Banjarnegara.

Es dawet atau juga sering disebut es cendol ini memiliki komposisi cendol, kuah santan, siraman sirop gula jawa atau gula merah, kemudian tambahkan es batu dan toping buah seperti nangka dan durian. Bila dibayangkan, kesegaran dan kenikmatan es dawet ayu Banjarnegara memang tidak bisa dilewatkan. Tidak heran, beragam jenis dawet ayu banyak ditemukan di kota asalnya, Banjarnegara.

Salah satu es dawet yang sayang dilewatkan saat berkunjung ke Banjarnegara adalah dawet Yu Par. Dawet yang berada di Desa Blambangan ini mempunyai ciri khas yang kental, legit dan manis.

“Di sini dawetnya menggunakan santan yang kental jadi rasanya lebih legit, ujar pembuat dawet ayu Yu Par di Desa Blambangan Parliyah saat ditemui di rumahnya, Sabtu (22/5/2021).

 

Dinobatkan Jadi Minuman Terpopuler, Ini Kesegaran Dawet Ayu BanjarnegaraDinobatkan Jadi Minuman Terpopuler, Ini Kesegaran Dawet Ayu Banjarnegara Foto: Uje Hartono

Ia menuturkan, selain kental bahan untuk membuat cendol adalah tepung gelang. Hasilnya, dengan tepung ini cendol akan lebih kenyal jika dibanding dengan tepung beras.

“Cendolnya menggunakan tepung gelang. Hasilnya jadi lebih kenyal dibanding dengan tepung beras,” kata dia.

Selain es dawet original, biasanya juga disediakan berbagai jenis topping. Seperti nangka, durian dan lainnya. Hanya, ia mengaku es dawet original yang paling banyak digemari pembeli.

“Kalau topping rasa lain ada, kaya durian, nangka. Tetapi tetap yang paling laris yang original. Harganya mulai Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu per gelas,” sebutnya.

 

Lebih jauh, ia mengaku bersyukur setelah dawet ayu menjadi minuman terpopuler. Mengingat saat ini bermunculan minuman modern dengan berbagai jenis dan rasa.

“Saya mendengar dawet ayu menang, saya bersyukur jadi semakin dikenal. Padahal sekarang banyak minuman modern dan berbagai tempat,” tuturnya.

Dinobatkan Jadi Minuman Terpopuler, Ini Kesegaran Dawet Ayu BanjarnegaraDinobatkan Jadi Minuman Terpopuler, Ini Kesegaran Dawet Ayu Banjarnegara Foto: Uje Hartono

Ada lagi es dawet daun pandan. Adalah Wisnu Sapto Nugroho, warga Kelurahan Argasoka, Banjarnegara ini membuat es dawet dengan aroma daun pandan yang kuat. Sebab, dalam pembuatannya, ia tidak menggunakan pewarna, namun menggunakan daun pandan asli.

“Ada yang menggunakan pewarna makanan, tapi saya pakai pandan yang sudah jelas lebih aman, harumnya alami dan rasanya juga asli pandan,” katanya.

Cara membuat cendol cukup mudah, mula mula potong kecil daun pandan, haluskan dengan blender, peras lalu saring. Kemudian campurkan tepung ke dalam air pandan, aduk hingga rata diatas kompor dengan api kecil kurang lebih selama 1 jam.

“Setelah adonan mengental, masukan ke dalam cetakan, jadilah cendol. Kemudian tinggal campurkan cendol dengan kuah susu, gula merah, es dan topping,” jelasnya.

Ia berharap, minuman dawet tetap bisa digemari pembeli meski saat ini banyak dijumpai minuman modern.

“Harapannya, minuman dawet yang merupakan khas Banjarnegara ini bisa tetap ada dan disukai pembeli. Karena sekarang banyak minuman modern,” ujarnnya.

Terpisah, Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengatakan, dawet ayu Banjarnegara menyabet dua piala, yakni minuman tradisional terpopuler sekaligus minuman favorit pada ajang API award. Ia berharap, kemenangan ini bisa menginspirasi para pelaku kuliner, UMKM dan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Banjarnegara untuk lebih meningkatkan prestasi dan inovasi.

“Alhamdulillah, Banjarnegara berprestasi lagi, dawet ayu Banjarnegara menjadi minuman tradisional terpopuler pada penghargaan Anugerah Pesona Indonesia,” kata dia.

Baca juga !