Sun. Nov 27th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Dituduh Turki Dalangi Kudeta Gagal 2016, Begini Kata AS

1 min read

Washington DC –

Otoritas Amerika Serikat (AS) menanggapi tuduhan yang dilontarkan Menteri Dalam Negeri Turki, Suleyman Soylu, yang menuduh pihaknya mendalangi upaya kudeta tahun 2016 yang berhasil digagalkan. AS menegaskan tuduhan itu ‘sepenuhnya salah’.

“Amerika Serikat tidak terlibat dalam upaya kudeta tahun 2016 di Turki dan dengan segera mengecamnya,” tegas Departemen Luar Negeri AS dalam pernyataannya, seperti dilansir Reuters, Jumat (5/2/2021).

“Penegasan baru-baru ini yang bertolak belakang, yang disampaikan pejabat senior Turki adalah sepenuhnya salah,” sebut pernyataan Departemen Luar Negeri AS.

“Klaim tidak berdasar dan tidak bertanggung jawab soal AS bertanggung jawab atas peristiwa di Turki tidak konsisten dengan status Turki sebagai sekutu NATO dan mitra strategis Amerika Serikat,” imbuh pernyataan itu.

Dalam wawancara dengan surat kabar lokal Hurriyet, Kamis (4/2) waktu setempat, Soylu menyebut AS mengatur upaya kudeta, sementara jaringan ulama Fethullah Gulen yang melaksanakannya.Lebih dari 250 orang tewas dalam upaya menggulingkan Presiden Recep Tayyip Erdogan dan pemerintahannya pada 15 Juli 2016, saat tentara-tentara yang membangkang menguasai pesawat tempur, helikopter militer dan tank untuk merebut institusi negara.

Gulen yang merupakan mantan sekutu Erdogan yang mengasingkan diri ke Pennsylvania, AS, telah sejak lama dituduh Turki terlibat upaya kudeta. Turki bahkan melakukan operasi penindakan besar-besaran terhadap jaringan yang disebut terkait Gulen atau FETO. Gulen telah membantah terlibat upaya kudeta.

Diketahui juga bahwa AS berulang kali menolak permintaan otoritas Turki soal ekstradisi Gulen, dengan menyebut kurangnya bukti yang kredibel dari Turki.

Baca juga !