Sun. Aug 14th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Djarot: Apa Pun yang Diwariskan Bung Karno, Generasi Muda Bisa Ambil Semangatnya

1 min read

Ketua DPP PDI-P Djarot Saiful Hidayat berpandangan bahwa warisan Proklamator Kemerdekaan sekaligus Presiden Pertama RI Soekarno harus dijaga dan dilestarikan masyarakat.

Djarot menyoroti peran generasi muda untuk melestarikan warisan Soekarno dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ke depannya.

“Apa pun yang diwariskan Bung Karno kepada kita semua, tanggung jawab kita terutama generasi muda bisa mengambil apinya, mengambil semangatnya, kemudian mengaktualisasikan dengan kondisi dan tantangan ke depan seperti apa,” kata Djarot dalam acara diskusi publik bertajuk “Bung Karno: Arsitek Kemerdekaan Bangsa-bangsa”, di Kantor DPP PDI-P Jalan Diponegoro, Jakarta, Minggu (3/7/2022).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menerangkan, Bung Karno merupakan arsitek kemerdekaan bangsa-bangsa di dunia.

Sementara, di Indonesia Bung Karno mencanangkan fondasi yang pertama, yakni ideologi Pancasila.

Djarot menuturkan, ideologi Pancasila membentuk karakter bangsa Indonesia. Menurutnya, dengan karakter tersebut, seseorang menjadi manusia seutuhnya.

“Ketika kehilangan karakter, maka hilanglah semuanya, tidak menjadi manusia seutuhnya, tidak mempunyai karakter, tidak mempunyai kepribadian yang tangguh, tidak mempunyai semangat juang yang menyala-nyala dan tidak paham dilahirkan sebagai bangsa,” ujarnya.

Djarot menyatakan, warisan Bung Karno sejatinya tidak hanya bangunan fisik yang menjadi landmark beberapa daerah di Indonesia.

Namun, di mata dunia, Bung Karno juga merupakan arsitek kemerdekaan bangsa-bangsa, khususnya negara-negara di Asia dan Afrika.

“(Soekarno) menggelar konferensi Asia Afrika, dan itu yang menggalang kekuatan negara-negara baru dunia untuk melawan Neo kolonialisme dan Neo imperialisme agar bangsa-bangsa itu merdeka,” jelas Djarot.

Baca juga !