Thu. Jul 7th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Hari Ini 82 Tahun Lalu: Awal McDonald’s Buka Restoran Hingga Gaet Sukses

2 min read

San Bernardino -Restoran makanan cepat saji yang terkenal di dunia, McDonald’s pertama kali dibuka pada tahun 1940 di San Bernardino, California.

Restoran ini dibuka oleh dua bersaudara, Maurice dan Richard McDonald atau dikenal akrab Dick and Mac McDonald. Restoran tersebut berada di jalan Fourteenth and E di San Bernardino, California. Awalnya mereka menawarkan berbagai pilihan menu dengan cara drive-in.

Ubah Haluan dengan Konsep Baru

Namun, pada tahun 1948 dua bersaudara ini memutuskan perubahan bisnis dengan konsep baru. Setelah tiga bulan proses renovasi, terbentuk restoran kecil yang dirancang untuk menghasilkan makanan dalam jumlah besar namun dengan harga murah.

Dilansir dari web perusahaan, corporate.mcdonalds.com, saat itu McDonald bersaudara memutuskan membatasi pilihan menu, yaitu hamburger, minuman, pai, dan keripik kentang yang kemudian diganti dengan kentang goreng. Mereka mengembangkan restoran ini dengan sistem layanan speedee yang sederhana dan efisien.

Mereka tak lagi memerlukan pramusaji dan pelanggan dapat mendapatkan makanan mereka dengan cepat setelah hamburger dimasak, dibungkus dan dihangatkan. Pelanggan sendiri yang menjemput makanan tersebut. Awalnya banyak pelanggan yang tak suka dengan sistem baru ini, namun rasa dan kualitas yang ditawarkan McDonald’s membuat orang terus berdatangan.

Kata Kunci Waralaba

Dengan inovasi yang efisien ini, keduanya hanya memberikan harga 15 sen untuk sebuah hamburger, setengah harga lebih murah daripada restoran saingannya. McDonald’s kemudian sukses besar, mereka pun memulai produk waralaba.

Berikutnya: Dikutip dari britannica.com, peralatan untuk…

Dikutip dari britannica.com, peralatan untuk McDonald’s dibeli dari seorang penjual bernama Ray Kroc, salah satunya kebutuhan delapan mixer milkshake. Merasa heran dengan mixer sebanyak itu, pada 1954 Ray Kroc mengunjungi restoran untuk melihat bagaimana sebuah toko kecil dapat menjual begitu banyak milk shake.

Menyadari ada peluang besar dalam komsep restoran mereka, Kroc menjadi agen waralaba untuk McDonald’s bersaudara.

Kroc pun menjadi agen waralaba McDonald’s setelah kunjungan itu. Pada tahun 1955, Kroc membuka McDonald’s pertama di sebelah timur sungai Mississippi.

Kroc yang ambisius mempunyai misi akan ada 1.000 restoran McDonald’s di Amerika Serikat. Namun, ternyata McDonald’s terus tumbuh dan berkembang ke pasar internasional.

Mulai tahun 1967 McDonald’s dibuka di Kanada dan Puerto Rico. Sejak McDonald’s buka restoran hingga kini, tercatat lebih dari 36.000 restoran McDonald’s yang tersebar di lebih dari 100 negara.

Baca juga !