JAKARTA — Pengamat polisik Emrus Sihombing melihat gerakan sejumlah relawan Jokowi yang mendukung Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir maju di Pilpres 2024, sebagai bentuk kepercayaan. Menurut dia, relawan Jokowi yakin Erick mampu selaras dengan program-program yang sudah dijalankan Presiden Jokowi.

Erick dinilai mampu merawat dan meneruskan pembangunan-pembangunan yang telah dilakukan Jokowi. Atas dasar itulah, Erick Thohir didorong sejumlah relawan Jokowi di Jawa Timur (Jatim) untuk menjadi presiden selanjutnya.

“Perjuangan idealismenya bahwa Erick Thohir menurut penilaian mereka mampu meneruskan pembangunan dan merawat pembangunan yang telah dilakukan Jokowi,” ujar Emrus di Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Pengamat dari Universitas Pelita Harapan (UPH) ini menyarankan relawan Jokowi di seluruh daerah agar mengambil sikap yang sama untuk satu suara mendukung Erick Thohir. Menurut Emrus, jika saran tersebut dilakukan, akan berdampak positif bagi persepsi publik melihat soliditas para relawan Jokowi.

“Oleh karena itu menurut pandangan saya, saya menyarankan seluruh relawan Jokowi, sudah rapatkan barisan, satukan kekuatan, solidkan persatuan mereka, dukung Erick Thohir,” kata Emrus menjelaskan.

Emrus mengatakan jika terdapat perbedaan dukungan maka akan menimbulkan persepsi publik jika relawan Jokowi terpecah dan tidak solid. Maka dari itu untuk menjaga kekuatan suara dari para relawan Jokowi, Emrus mengimbau untuk menyatukan dukungan kepada Erick Thohir di Pilpres 2024 mendatang.

“Kalau ada relawan Jokowi mendukung kandidat lain, terkesan pecah relawan itu. Padahal selama ini mereka satu kesatuan pendukung Jokowi dan terkenal solid,” ujar Emrus.