Tue. Jul 5th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Kedubes AS Peringati 80 Tahun Kerjasama Diplomatik Dengan Arab Saudi

2 min read

RIYADH — Kedutaan Besar Amerika Serikat di Riyadh, Arab Saudi memperingati 80 tahun pembentukan diplomatik AS di Arab Saudi. Peringatan ini bertajuk delapan dekade sejarah bersama, kemitraan yang kuat dan visi yang bersatu dengan Kerajaan Arab Saudi.

Kedutaan Besar AS pertama kali dibuka di Jeddah pada 1942. Hubungan diplomatik penuh dimulai pada 1940 di sebuah rumah tradisional di pusat kota tua Arab Saudi yang kemudian ditingkatkan statusnya menjadi kedutaan pada 1949. Pada 1952, kedutaan pindah ke lokasi konsulat jenderal saat ini, yang pada saat itu merupakan properti tepi pantai yang terisolasi di utara kota.

Bersama dengan semua misi asing lainnya, Kedutaan Besar AS dipindahkan ke Riyadh pada 1984. Bekas kompleks kedutaan di Jeddah sekarang menjadi konsulat jenderal di jantung salah satu kota paling dinamis di Timur Tengah.

Tema perayaan tahun ini adalah “Sejarah Bersama, Kemitraan yang Kuat, dan Visi Bersatu”, menyoroti dasar abadi dari hubungan strategis dan persahabatan antara AS dan Arab Saudi

Kedubes AS di Riyadh mengatakan sejak awal Arab Saudi modern, AS, para pemimpinnya, perusahaannya, dan rakyatnya mendukung  Arab Saudi dalam perjalanan luar biasa mereka menuju kesuksesan dan kemakmuran.

“Hubungan AS-Saudi telah berkembang secara alami selama bertahun-tahun. Ini telah berkembang mencakup perdagangan, budaya, pendidikan, keamanan, dan terutama hubungan dekat antara orang-orang Saudi dan Amerika. Apa yang tidak berubah selama 80 tahun terakhir adalah visi bersama yang selalu memandu kerja sama antara AS dan Arab Saudi di bidang ini dan banyak bidang lainnya,” kata Kedutaan Besar AS di Riyadh seperti dilansir Arab News pada Kamis (26/5/2022).

“Saat Arab Saudi mengejar tujuan ambisius Visi 2030, AS mendukung upaya Kerajaan dalam semangat kemitraan yang sama yang telah menjadi salah satu pilar utama hubungan AS-Saudi. Hari ini, di setiap bidang, di setiap sektor, orang Amerika dan Saudi bekerja sama, belajar bersama, melakukan penelitian bersama dan, baru-baru ini, tampil bersama dalam konser, film, dan kompetisi atletik,” tambah keterangan Kedutaan Besar AS di Riyadh.

Keterlibatan ini menghasilkan 54 miliar dolar per tahun dalam perdagangan dan investasi AS-Saudi. Perusahaan-perusahaan Amerika telah menjadi bagian integral dari transformasi ekonomi Visi 2030 Arab Saudi, sementara AS dan Arab Saudi juga menikmati ikatan budaya dan pendidikan yang kuat.

Baca juga !