Sat. Dec 3rd, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Kendala Penyelam Evakuasi SJ182: Penglihatan Terbatas-Bahaya Arus Kencang

2 min read

Jakarta –

Basarnas mengungkapkan operasi pencarian dan pertolongan jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 sempat terhambat karena kondisi cuaca buruk. Para penyelam juga disebut terkendala terbatasnya penglihatan hingga arus kencang di perairan Kepulauan Seribu.

“Kan hujan, cuaca. Cuaca iya. Nyatanya begitu, faktor cuaca, bahaya kalau menyelam dalam kondisi begini,” ujar Direktur Operasi Basarnas Brigjen Rasman MS saat ditemui di JICT II, Kamis (21/1/2021).

Meski diterpa cuaca buruk, para penyelam tetap dikerahkan sejak pagi tadi. Total ada 55 penyelam dari Dislambair, Kopaska, Denjaka, dan Taifib yang dikerahkan.

Sementara itu, Pasops Satgasla SAR TNI AL Letkol Laut (P) Faruq Dedy mengungkap tim penyelam kerap mengalami beberapa kendala saat proses evakuasi Sriwijaya Air SJ182. Salah satunya adalah terbatasnya penglihatan penyelam di bawah air.

“Beberapa hari ini, khususnya cuaca, baik di atas permukaan maupun di bawah air. Jadi visibility para penyelam terbatas sekali. Bahkan visibility hanya sekitar berapa cm. Sekitar 10-20 cm,” jelas Faruq secara terpisah saat ditemui di JICT II.

Purbalingga –

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga akan melaksanakan Pleno Penetapan hasil Pilkada 2020 besok. Penetapan dilakukan setelah sebelumnya Mahkamah konstitusi (MK) mengirimkan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK).

“BRPK turun kemarin sore, kita memerlukan persiapan jadi baru besok plenonya (penetapan),” kata anggota KPU Purbalingga Mey Nurlela kepada detikcom di kantornya, Kamis (21/1/2021)

Menurutnya, Pleno Penetapan akan dilaksanakan di Aula KPUD setempat pukul 09.00 WIB. Pleno akan dihadiri Bawaslu, partai politik, dan pasangan calon.

Mey menyampaikan terkait kondisi Purbalingga sedang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), maka pleno tidak melibatkan banyak orang.

“Kita akan memberikan undangan terbatas untuk menghadiri agenda itu (pleno penetapan), dari parpol hanya ketuanya saja ditambah pasangan calon dan Bawaslu,” terangnya.

Agenda pleno penetapan menurutnya merupakan tahapan terakhir yang dilakukan KPUD dalam Pilkada 2020. Selanjutnya hasil pleno akan diserahkan kepada DPRD.

Sementara Pasangan Calon Nomer Urut 1 Muhammad Sulhan Fauzi menyampaikan tidak akan datang pada agenda pleno besok. Karena saat ini dirinya sedang berada di Jakarta.

“Besok ya (pleno), saya sedang di Jakarta ada bisnis kemungkinan nggak bisa datang,” katanya saat dihubungi detikcom hari ini.

Pihaknya bersyukur Pilkada Purbalingga telah berjalan lancar. Apapun hasilnya, menurut Oji bagian dari proses pembelajaran demokrasi bagi masyarakat Purbalingga.Oji menyampaikan ucapan selamat kepada pasangan Tiwi-Dono mengunggulinya berdasar hasil rekap di KPU. Dirinya berharap semoga pasangan itu betul-betul dapat melaksanakan amanah dengan baik dan mampu menyelesaikan persoalan yang selama ini dirasakan masyarakat Purbalingga.

“Saya ucapkan selamat kepada pasangan Tiwi-Dono semoga amanah dan dapat mengentaskan persoalan dasar di Purbalinga yaitu kemiskinan,” katanya.

“Saya bersyukur terlibat menjadi bagian dari proses belajar tentang demokrasi bagi masyarakat, ke depan saya yakin masyarakat Purbalingga lebih dewasa menghadapi momen kontestasi apapun,” pungkasnya.

Untuk diketahui rapat pleno penghitungan suara Pilkada Purbalingga memenangkan paslon petahana Dyah Hayuning Pratiwi-Sudono (Tiwi-Dono) dengan perolehan 288.741 suara (54,74 persen). Sedangkan lawannya Muhammad Sulhan Fauzi-Zaini Makarim (Oji-Jeni) meraih 238.735 suara (45,26 persen).

Baca juga !