Tue. Sep 27th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Menteri Lingkungan Brasil Diperiksa soal Dugaan Perdagangan Kayu Ilegal

1 min read

Brasilia –

Mahkamah Agung Brasil memerintahkan penyelidikan terhadap Menteri Lingkungan, Ricardo Salles ketika polisi menggerebek kantor kementerian pada Rabu waktu setempat. Penggeledahan itu dilakukan atas dugaan jaringan perdagangan kayu selundupan yang melibatkan Salles dan pejabat tinggi lainnya di pemerintahan Presiden Jair Bolsanaro.

Dilansir, AFP, Kamis (20/5/2021) Keputusan Hakim Alexandre de Moraes mengatakan polisi federal memiliki bukti bahwa Salles dan pejabat lingkungan lainnya terlibat dalam “skema yang sangat serius untuk memfasilitasi penyelundupan produk hutan hujan,” katanya.

Mereka menangguhkan 10 pejabat dari jabatan mereka, termasuk Eduardo Bim, kepala badan perlindungan lingkungan Brasil, IBAMA.

Laporan media Brasil mengatakan polisi telah menggeledah rumahnya di Sao Paulo. Keputusan Moraes memberi polisi akses ke rekening bank menteri untuk mencari bukti pendapatan gelap.

Sekitar 160 petugas juga menggerebek kantor Kementerian Lingkungan di Brasilia, Sao Paulo dan negara bagian Para di utara, kata polisi.

Kebijakan tersebut “secara retroaktif melegalkan ribuan pengiriman kayu yang diekspor dengan melanggar peraturan lingkungan” ke Amerika Serikat dan Eropa, kata polisi.Skema yang dituduhkan melibatkan kebijakan IBAMA 2020 yang mengizinkan ekspor kayu Brasil tanpa persetujuan sebelumnya dari otoritas lingkungan, yang dicabut putusan pengadilan.

Salles yang berusia 45 itu, membantah melakukan kesalahan. “Tindakan yang dituduhkan ini tidak pernah terjadi,” katanya kepada wartawan.

Baca juga !