Sun. May 29th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

PAN Sebut Koalisi Indonesia Bersatu Gelar Karpet Merah untuk Partai Lain Gabung

2 min read

Jakarta – Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno, menyatakan pihaknya tidak keberatan jika ada partai lain ingin bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu yang berisi PAN, PPP, dan Golkar. Menurut Eddy, koalisi ini sejak awal sepakat mengedepankan kerja sama inklusif, bukan ekslusif.

“Sehingga siapa pun yang mau bergabung, dengan tujuan kita menciptakan gagasan besar untuk 2024 dan kita semua sepakat menghindari perpecahan bangsa, kami semua welcome sekali. Kami gelar karpet merah,” ujar Eddy saat dihubungi Tempo, Jumat, 13 Mei 2022.

Lebih lanjut, Eddy menyatakan koalisi yang sempat bernama Bertiga Bersatu ini belum punya calon presiden yang bakal diusung dalam Pilpres 2024. Menurut Eddy, koalisi belum membahas mengenai hal tersebut.

“Kami belum membahas capres ke depan, kalau pun nanti ada pembahasan capres dan cawapres, yang mungkin akan dibahas itu lebih kepada kriterianya terlebih dahulu,” ujar Eddy.

Lebih lanjut, Eddy menerangkan sampai saat ini pihaknya belum ada pembahasan mengenai kriteria capres tersebut. Pada pertemuan perdana semalam di Menteng, Jakarta Pusat, koalisi baru membahas mengenai gagasan yang akan dibawa koalisi dalam Pemilu 2024.

“Untuk Pemilu 2024 agar tidak terjadi lagi bentrok antar-indentitas. Kalau adu gagasan, adu ide, adu konsep, itu lah yang akan kami ajukan. Tapi tidak adu kepentingan identitas, sehingga tidak melahirkan polarisasi yang lebih besar lagi,” kata Eddy.

Penuhi ambang batas pencalonan presiden…

Dengan tiga partai ini saja, Koalisi Indonesia Bersatu dipastikan telah memenuhi ambang batas pencalonan presiden.

Berdasarkan perolehan suara sah nasional pada Pemilu 2019, Golkar memperoleh 12,31 persen, PAN 6,84 persen dan PPP 4,52 persen. Total, perolehan suara sah nasional koalisi mencapai 23,67 persen.

Perolehan suara sah nasional tersebut memang belum memenuhi persyaratan 25 persen seperti termaktub dalam UU Pemilu, akan tetapi mereka memenuhi persyaratan 20 persen kursi anggota DPR RI.

Jumlah anggota DPR RI Periode 2019-2024 mencapai 575 orang. Artinya, untuk ikut dalam Pilpres 2024, sebuah koalisi harus memiliki 115 kursi.

Golkar saat ini mengantongi 85 kursi di DPR RI, sementara PAN 44 kursi dan PPP 19 kursi. Dengan begitu, total kursi yang dimiliki Koalisi Indonesia Bersatu menccapai 148 atau melebihi ambang batas 115.

Ini merupakan koalisi resmi pertama yang terbentuk untuk menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily, menyatakan bahwa koalisi ini memang terbentuk untuk menghadapi Pilpres 2024. Bahkan, menurut dia, Golkar telah mematok syarat posisi calon presiden harus diisi oleh ketua umum mereka, Airlangga Hartarto.

Ace menyatakan bahwa secara internal, Golkar telah menetapkan Airlangga sebagai calon presiden dalam Musyawarah Nasional (Munas). Dia pun menyatakan bahwa kedua partai lainnya, PPP dan PAN, sudah mengetahui soal sikap Golkar tersebut.

“Keputusan Munas Partai Golkar soal pencapresan Pak Airlangga sudah diketahui PAN dan PPP,” ujar dia Kamis, 12 Mei 2022

Baca juga !