Wed. Nov 30th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Pemkot Tangsel: Ruang ICU Penuh 100%, Tempat Tidur Isolasi COVID Diperlukan

2 min read

Tangerang Selatan –

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta pemerintah pusat untuk menambah fasilitas rumah sakit di Botabek (Bogor, Tangerang, Bekasi) supaya pasien non-warga Jakarta dirawat di daerah masing-masing. Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie angkat bicara terkait hal itu.

Benyamin mengungkapkan ketersediaan tempat tidur pasien COVID-19 juga sangat dibutuhkan di wilayahnya. Dia menyambut positif permintaan Ahmad Riza Patria soal penambahan fasilitas kesehatan di daerah penyangga, termasuk Tangerang Selatan.

“Memang ketersediaan tempat tidur khusus isolasi COVID di Tangsel sangat diperlukan. Apabila pemerintah pusat akan menambahnya tentunya akan sangat bermanfaat,” jelas Benyamin, kepada detikcom, Rabu (27/1/2021).

“(Ruang ICU) sudah 100 % penuh,” jelas Benyamin.

Benyamin turut berkomentar mengenai banyaknya warga Botabek yang memilih dirawat di Jakarta. Menurutnya, hal itu merupakan hak setiap warga.

“Itu soal hak asasi saya kira, mau berobat dimana saja apalagi kalau ternyata rumah sakit di Tangsel sudah penuh tempat tidurnya,” kata Benyamin.

Sebelumnya, Ahmad Riza Patria menelepon Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, untuk meminta pemerintah pusat menambah fasilitas rumah sakit di Botabek sehingga pasien COVID-19 dirawat di daerah masing-masing. Ahmad Riza Patria mengatakan selama ini Jakarta melayani pasien COVID-19 yang merupakan warga non-Jakarta. Kisaran pasien non-Jakarta bisa mencapai 30 persen.

Ahmad Riza Patria berharap ke depannya pemerintah pusat membantu daerah luar Jakarta supaya masing-masing daerah bisa menampung warganya yang terpapar COVID-19 sehingga okupansi rumah sakit di Jakarta menurun.”Nah, yang ketiga ini yang mudah-mudahan dalam waktu dekat terus kami koordinasikan. Tadi juga saya bertelepon dengan Pak Menko (Luhut) mudah-mudahan ada penambahan nanti di daerah Botabek. Jadi pemerintah pusat akan membantu mudah-mudahan meningkatkan kapasitas kemampuan dari daerah-daerah di luar Jakarta yaitu Botabek. Apakah rumah sakitnya, nakesnya, ICU, dan sebagainya. Itu harapan kami,” ujar Ahmad Riza Patria saat ditemui di TPU Rorotan, Rabu (27/1/2021).

Selain itu, Ahmad Riza Patria juga meminta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menambah hotel di Jakarta yang bisa dijadikan tempat untuk isolasi mandiri. Beberapa hotel di Jakarta memang sudah disulap menjadi tempat untuk pasien COVID-19.

Baca juga !