Sat. May 21st, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Penggemar Apple, Ucapkan Selamat Tinggal HomePod!

2 min read

Apple telah menghentikan produksi HomePod, setelah empat tahun.

Kabarnya, pabrikan pimpinan Tim Cook itu akan terus memproduksi dan fokus pada HomePod mini, yang diperkenalkan tahun lalu.

HomePod yang lebih besar menawarkan ruang suara lebih besar tetapi mini telah diterima dengan sangat baik dan jelas menyelesaikan banyak tugas yang diberikan pada versi yang lebih besar.

Dilansir laman TechCrunch, Senin (15/3/2021), suaranya sangat padat (terutama untuk ukurannya) dan menawarkan akses ke Siri, fitur asisten Apple.

HomePod adalah prestasi teknik audio yang dikembangkan Apple selama lebih dari lima tahun.

Keseriusan Apple ditunjukan dengan membangun pusat pengembangan di dekat kantor pusatnya di Cupertino, dengan lingkungan pengembangan kelas dunia dengan selusin ruang anechoic, termasuk salah satu ruang anechoic yang lebih besar di luar penggunaan akademis di AS.

HomePod Mini. [Apple]
HomePod Mini. [Apple]

Apple mengatakan bahwa ruang uji terbesarnya adalah salah satu yang terbesar di AS, di atas kertas, ditangguhkan dari dunia luar tanpa ada yang mencemari uji kemurnian audio.

Selain menguji kualitas akustik speaker, ruang ini memungkinkan Apple menggali dan mengurangi masalah yang biasanya muncul karena memiliki subwoofer bertamasya tinggi dalam kabinet sekecil itu.

Lebih jauh lagi, ada ruang yang lebih kecil yang memungkinkan mereka untuk mengisolasi dengungan dari komponen elektronik (bagaimanapun juga ada komputer di papan) dan berusaha mengisolasi dan mengontrol kebisingan itu sehingga tidak muncul di hasil akhir.

Keluhan utama bagi pembicara pada saat itu adalah harga 349 dolar AS atau sekitar Rp 5,02 juta untuk sebuah speaker rumah, dengan asisten rumah tertanam.

Mengantisipasinya, Apple pun menurunkan harga menjadi 299 dolar AS atau senilai Rp 4,3 juta. Tetapi tetap belum menarik minta pasar karena masyarakat masih menilainya terlalu tinggi.

HomePod mini Apple, diluncurkan tahun lalu, telah diterima dengan baik dijual dengan harga 99 dolar AS atau berkisar Rp 1,42 juta.

Apple memberi jawaban hal ini kepada TechCrunch.

HomePod mini telah menjadi hit sejak debutnya musim gugur lalu, menawarkan pelanggan suara yang luar biasa, asisten cerdas, dan kontrol rumah pintar semuanya hanya dengan 99 dolar AS. Kami memfokuskan upaya kami pada HomePod mini,” tulis Apple.

“Kami menghentikan HomePod asli, dan akan terus tersedia selama persediaan masih ada melalui Apple Online Store, Apple Retail Store, dan Apple Authorized Reseller. Apple akan memberi pelanggan HomePod pembaruan dan layanan serta dukungan perangkat lunak melalui Apple Care.”

Apple tampaknya bertaruh pada versi mini akan datang, yang dapat menunjukkan keinginan mereka untuk mengisi setiap ruangan dengan suara yang ‘cukup baik’ daripada berfokus pada ruang tamu dengan suara yang ‘benar-benar tidak dapat dipercaya’.

Ilustrasi toko Apple. [Shutterstock]
Ilustrasi toko Apple. [Shutterstock]

HomePod itu sendiri tidak pernah mencapai tingkat di mana ia dapat bertindak sebagai pengganti home theater penuh, meskipun dipasangkan dalam konfigurasi multi-speaker mereka.