Sun. Aug 14th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Realisasi Program Penanganan Covid dan PEN Semester I 2022 Capai Rp 124,5 Triliun

1 min read

 JAKARTA. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan realisasi Program Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) hingga semester I 2022 mencapai Rp 124,5 triliun, dari pagu anggaran PC-PEN yang sebesar Rp 455 triliun.k

Realisasi program PC-PEN tersebut terdiri dari, anggaran di bidang Kesehatan realisasinya mencapai Rp 29,4 triliun, dimanfaatkan untuk penanganan Kesehatan seperti klaim pasien, insentif tenaga Kesehatan, serta penanganan Covid-19 melalui dana desa.

Kemudian, digunakan untuk kluster perlindungan masyarakat sebesar Rp 60,2 triliun, antara lain dimanfaatkan untuk penyaluran bantuan sosial dan bantuan pemerintah lainnya dalam rangka mempertahankan daya beli masyarakat akibat pandemi serta kenaikan harga-harga pangan.“Kluster perlindungan sosial Rp 60,2 triliun ini utamanya digunakan untuk menghadapi guncangan harga pangan,” tutur Sri Mulyani saat Rapat Kerja Bersama Badan Anggaran DPR RI, Jumat (1/7).

Lalu, digunakan untuk kluster penguatan pemulihan ekonomi sebesar Rp 34,9 triliun, antara lain dimanfaatkan untuk dukungan UMKM, insentif perpajakan untuk dunia usaha serta tagging anggaran Kementerian/Lembaga (K/L) dalam rangka pemulihan ekonomi, seperti program padat karya, dukungan pariwisata, dan ketahanan pangan.

Lebih lanjut Ia mengungkapkan, akan terus memantau program PC-PEN ini agar bisa melakukan estimasi seberapa banyak yang akan bisa direalisasi hingga akhir tahun.

Selain itu, program PC-PEN ini juga akan terus dipantau dan disesuaikan dengan mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19 serta perkembangan perekonomian.

Baca juga !