Thu. Jul 7th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Ridwan Kamil ke Relawan: Saya Harap Ini Golongan yang Ikhlas dan Sabar

3 min read

Jakarta – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri acara silaturahmi pascalebaran yang digelar komunitas relawan dan pendukungnya di Bandung pada Selasa, 17 Mei 2022.

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil meminta agar para relawan yang mendukungnya maju di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 untuk meluruskan niat dalam memberikan dukungan.

“Dukungan yang diberikan harus tulus sehingga berdasarkan keinginan yang sama untuk membawa perubahan positif terhadap negara,” kata Ridwan Kamil.

Dalam acara tersebut, komunitas relawan dan pendukung yang mendukung Ridwan Kamil sebagai calon presiden atau Capres 2024 ialah Suluh Tani, Jabar Satu, Jabarku, dan relawan serta pendukung lainnya dari tingkat kabupaten/kota di Jawa Barat.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan sebagai pemimpin yang telah dua kali ikut pemilihan kepala daerah, dia bisa menilai karakteristik relawan dan pendukungnya itu.

“Relawan ada tiga golongan,” ujar Kang Emil.

Tiga Golongan Relawan Menurut Ridwan Kamil

Yang pertama, kata dia, adalah relawan yang mendukung dan tidak berharap apa-apa. “Berharapnya hanya perubahan peradaban,” ujarnya.

Yang kedua, lanjut Ridwan Kamil, terdapat relawan yang mendukung namun diakhiri dengan harapan akan sesuatu.

“Itu wajar. Dalam relasi kemanusiaan, siapa yang menolong, harus ditolong. Tapi harus gimana situasi, mun aya diterima, teu aya ditampi. Wayahna, sesuai situasi (kalau ada diterima, tidak ada diterima juga, harus sesuai situasi),” kata dia.

Sedangkan golongan ketiga yang dinilainya merepotkan adalah relawan yang tak pernah puas. “Jadi ada pengharapan, tapi harus gimana mereka. Sudah difasilitasi, sudah diberi, sudah dikasih kesempatan, tapi tak pernah puas,” kata dia.

Oleh karena itu, Ridwan Kamil berharap para relawan dan pendukungnya ini memiliki keikhlasan dalam mengusung dirinya.

“Saya berharap golongan yang membersamai saya ini golongan yang ikhlas dan sabar,” katanya.

Selain itu, Ridwan Kamil juga berharap para relawannya ini mendukung berdasarkan keinginan membawa perubahan yang baik bagi seluruh masyarakat.

“Bahwa semuanya punya harapan, pasti diperhatikan, hanya harus menyesuaikan,” kata dia.

Lebih lanjut Ridwan Kamil mengatakan bahwa pertemanannya dengan relawan ini tidak sebatas dalam ajang demokrasi saja.

“Semua yang hadir di sini, saya luruskan dulu niatnya. Lillahitaala. Ada atau tidak ada kekuasaan, niatkan berteman,” kata dia.

Dalam acara tersebut, komunitas relawan dan pendukung mendorong agar Ridwan Kamil maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

Acara yang dihadiri langsung oleh Ridwan Kamil ini diwarnai teriakan dan yel-yel “Jabar Juara, Indonesia Juara, Ridwan Kamil Presiden”.

Harapan Relawan

Perwakilan Relawan Pendukung Ridwan Kamil, Chaerul Tamam, berharap mantan Wali Kota Bandung tersebut bisa maju dalam Pemilu Presiden 2024.

Sebagai warga Jawa Barat, menurut Chaerul Taman, sudah saatnya terdapat orang Sunda yang menjadi pemimpin nasional.

Ulah kumeok samemeh dipacok (jangan kalah sebelum bertanding),” ujar Chaerul yang merupakan Koordinator Pemenangan dan Relawan Ridwan Kamil di Kabupaten Cianjur tersebut.

Sebelumnya Ridwan Kamil diketahui melakukan safari politik ke Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Jakarta.

Pada kesempatan pertemuan dengan Airlangga Hartarto, Ridwan Kamil mengatakan sempat membahas soal Koalisi Indonesia Bersatu yang dibentuk Golkar, PAN, dan PPP.

“Kan ada berita koalisi tuh, di bawah bagus responnya, saya laporkan ke Pak Airlangga. Koalisi ini responsnya positif, memberikan harapan-harapan. Dengan begitu mudah-mudahan ini juga mendukung sisa jabatan saya,” ujar Ridwan ditemui usai pertemuan.

Baca juga !