Fri. May 27th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Sempat Dikepung, Ratusan Demonstran Myanmar Akhirnya Diizinkan Pulang

2 min read

Yangon –

Ratusan pengunjuk rasa Myanmar yang sempat dikepung oleh pasukan keamanan di distrik Sanchaung, Yangon akhirnya diizinkan meninggalkan daerah tersebut.

Seperti dilansir Reuters dan Bloomberg, Selasa (9/3/2021) seorang aktivis pemuda, Shar Ya Mone, mengatakan melalui telepon bahwa dirinya sempat terkepung di sebuah gedung dengan 15-20 orang lainnya. Namun kini mereka sudah bisa kembali.

Melalui media sosial, demonstran lainnya memposting bahwa mereka juga akhirnya diizinkan meninggalkan daerah itu sekitar pukul 5 pagi waktu setempat, setelah pasukan keamanan pergi dua jam sebelumnya.

Diketahui bahwa sebelumnya pada Senin (8/3) malam waktu setempat, pasukan keamanan Myanmar mengepung ratusan pengunjuk rasa muda di Sanchaung dan mengancam akan memburu mereka dari rumah ke rumah. Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga sempat meminta mereka untuk diizinkan pergi.

Di Sanchaung, polisi yang menembakkan senjata dan granat kejut mengumumkan bahwa mereka akan memeriksa rumah-rumah sekitar untuk menangkap siapa saja yang berasal dari luar distrik. Kemudian polisi akan menghukum siapa pun yang ketahuan menyembunyikannya.Ribuan orang menentang aturan jam malam di jalan-jalan utama Myanmar untuk mendukung para pemuda di distrik Sanchaung, tempat mereka mengadakan protes harian terbaru menentang kudeta 1 Februari.

Kedutaan Besar AS, Inggris, Kanada, Jerman dan lainnya mengirim tweet pada Senin (8/3) malam untuk memperingatkan bahwa pasukan keamanan telah mengepung sekelompok anak muda di distrik Sanchaung di Yangon. Sementara, orang-orang di daerah sekitarnya berkerumun di jalan ketika video tentang situasi mencekam itu tersebar di media sosial.

Dilaporkan Associated Press, hingga tengah malam, tidak ada laporan kematian akibat pengepungan tersebut. Pasukan keamanan mengejar banyak orang, menembakkan granat kejut dan mengganggu warga yang menonton dari jendela mereka.

Baca juga !