Sun. Aug 14th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Zlatan Ibrahimovic Jadi Ambasador Timnas Swedia Usai Gantung Sepatu

2 min read

Zlatan Ibrahimovic akan terus menjadi bagian dari Timnas Swedia meskipun telah memutuskan gantung sepatu. Pria 40 tahun itu telah bersepakat dengan SvFF (Asosiasi Sepak Bola Swedia) bahwa nantinya ia akan menjadi ambasador tim berjuluk Blågult.

Menurut pemaparan Gazetta, hal tersebut tak ragu disetujui oleh pihak federasi sebab Ibrahimovic merupakan sosok yang bisa menjadi referensi bagi dua generasi terakhir para pesepak bola Swedia.

Ya, boleh dibilang bahwa pemain yang kini merumput bersama AC Milan itu punya karier yang cukup cemerlang di pentas klub. Buktinya, ia mampu bersaing di beberapa klub top Eropa seperti Barcelona, Juventus, hingga Manchester United.

Tak hanya itu, Ibrahimovic juga punya andil besar dalam setiap gelar bergengsi yang diraih oleh klubnya. Teranyar, pesepak bola yang memiliki tinggi 195cm itu berhasil mengantarkan Rossoneri meraih Scudetto setelah puasa gelar selama 11 tahun.

Kendati demikian, kiprah Ibrahimovic di Timnas Swedia tak begitu berjalan mulus. Pada 2016, ia memutuskan untuk pensiun dari timnas usai gagal membawa Swedia lolos ke Euro 2016.

Ekspresi pemain depan Swedia Zlatan Ibrahimovic saat melawan Spanyol di pertandingan grup B kualifikasi Piala Dunia FIFA Qatar 2022 di Stadion La Cartuja di Seville. Foto: Jorge Guerrero/AFP

Bak tidak direstui untuk merumput bersama tim nasional, Ibrahimovic benar-benar batal melakukan comeback sebab tak punya kesempatan tampil di dua perhelatan akbar seperti Piala Dunia 2018 dan Euro 2020 karena masalah cedera lutut.

Ibrahimovic sebenarnya sudah kembali membela Blågult pada November 2021 dan masuk ke dalam skuad Kualifikasi Piala Dunia. Sayang, tekadnya itu batal terlaksana sebab lagi-lagi di hadapkan dengan masalah cedera.

Meskipun begitu, Ibrahimovic telah menahbiskan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak Timnas Swedia. Ia berhasil 62 kali merobek jala lawan dalam 62 caps bersama Blågult yang dimulai sejak tahun 2001 silam.

Pemain sepakbola AC Milan Zlatan Ibrahimovic saat mengikuti sesi latihan bersama klub liga Swedia Hammarby IF di Arsta IP di Stockholm, Swedia. Foto: Henrik Montgomery/TT News Agency/via REUTERS

Berangkat dari hal tersebut, SvFF pun tak ragu untuk bersepakat menyoal permintaan Ibrahimovic yang ingin tetap menjadi bagian dari timnas sebagai sosok representatif.

Ibra nantinya tidak akan memiliki peran operasional sebagai manajer tim, melainkan hanya menjadi sosok yang berada di pinggir lapangan dan mengenakan jaket & kaos. Rencananya, ia bakal menjabat posisi tersebut usai sembuh total dari cedera, tepatnya pada Februari tahun depan.